NEWS UPDATE :  

Berita

Peran penting LMS (Learning Management System) pada Pembelajaran Virtual

Sejak merebaknya virus covid-19 di Indonesia di akhir tahun 2019, didunia Pendidikan khususnya, pelaksanaan system pembelajaran mengalami banyak perubahan berdasarkan kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah. Salah satu kebijakan yang telah ditetapkan adalah kebijakan BDR, Belajar Dari Rumah. Kebijakan ini memaksa para guru dan siswa di Indonesia untuk menyesuaikan kegiatan belajar yang biasanya dilakukan di dalam kelas dan kini dilakukan pada dunia maya atau kelas virtual (Online). Pada awalnya, guru dan siswa mengalami berbagai kesulitan dan kendala terkait media dan alat dalam melaksanakan pembelajaran pada kelas virtual ini. Salah satu kendala yang sering dihadapi adalah keterbatasan alat seperti kepemilikan handphone/ smartphone yang banyak sekali tidak memiliki alat tersebut. Selain itu, permasalahan ke dua adalah setelah orang tua mereka mengusahakan untuk memiliki handphone/ smartphone untuk belajar, kuota internet menjadi permasalahan selanjutnya ketika peserta didik mengikuti kelas virtual ini. Disamping kedua masalah tersebut yang dihadapi oleh siswa, guru juga memiliki permasalahan utama dalam melakukan pembelajaran maya atau kelas virtual. Salah satu yang dihadapi adalah platform yang akan digunakan dalam pembelajaran maya ini. Tidak sedikit guru yang berusaha dan mencari platform terbaik untuk menyampaikan materi belajar didalam kelas virtual ini. Sehingga dari permasalahan guru dan perserta didik ini menjadi permasalahan yang sering terjadi dibeberapa daerah seperti DKI Jakarta perlu diberikan jalan keluar agar proses kegiatan belajar didalam kelas virtual dapat berjalan dengan baik.

Diawal masa pandemi pada bulan Maret 2020, beberapa platform memberikan banyak manfaat agar kelas virtual dan pembelajaran online dapat berjalan dengan baik. Platform tersebut merupakan salah satu jenis LMS (Learning Management System). LMS merupakan suatu wadah bagi guru dimana didalam LMS tersebut guru dapat memberikan materi, penugasan, bahkan dapat membuat kelas virtual dengan melakukan tatap muka walaupun hanya melalui video converence dengan siswa. LMS ini memiliki peran penting untuk guru sebagai media untuk menggantikan kegiatan belajar mengajar didalam kelas. Adapun LMS yang sering digunakan pada kelas virtual adalah google classroom, shoology, Edmodo, Moodle dan lain sebagainya. Google classroom menjadi salah satu yang terfavorit bagi guru dalam menyampaikan pembelajaran di kelas virtual. Selain itu, moodle juga menjadi platform ke dua yang digunakan dalam kelas maya karena memiliki fitur-fitur yang lengkap yang dapat digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar secara tatap maya. Dua platform ini, yaitu google classroom dan moodle menjadi platform terbaik dalam kegiatan belajar secara virtual.

Banyak failitias yang ditawarkan oleh google classroom dan moodle sebagai sarana pembelajaran virtual ini. Yang pertama yang akan dibahas adalah google classroom. Google Classroom (GCR) merupakan suatu LMS yang menyediakan tempat untuk berinteraksi, berdiskusi, dan bekerja bersama antara guru dan siswa dalam system online. Sebagai salah satu LMS, GC banyak memberikan kemudahan untuk guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Peserta didik dapat mengumpulkan tugas dan hasil belajar mereka yang terhubung langsung dengan google drive. Seperti layaknya perserta didik, guru juga dengan mudah menentukan batas waktu pengumpulan tugas, memantau BDR, meriview dan memberikan tanggapan atau feedback dari laporan BDR peserta didik. Keunggulan dari GCR ini adalah guru dapat menggunakan GCR ini tanpa dikenakan biaya dan penggunaan fitur-fiturnya sangat simple dan mudah. Selain itu, system dari GCR terintegrasi dengan google drive, gmail, youtube, documents, slides, dan aplikasi google lainnya sehingga memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Kemudian, didalam GCR ini, guru dapat dan mudah dalam membuat quiz dan semacamnya yang digunakan sebagai alat untuk mengukur kemampuan siswa setelah proses dalam memberikan materi selesai. Hal-hal tersebutlah yang membuat GCR ini dilirik dan digunakan oleh banyak guru di DKI Jakarta ini.

LMS kedua yang juga banyak dilirik oleh banyak guru adalah moodle. Moodle merupakan salah satu platform jejaring social untuk e-learning seperti yang lainnya. Moodle adalah aplikasi berbasis web untuk kegiatan belajar online. Baik guru dan siswa berinteraksi dalam platform kelas digital berbasis e-learning. Dengan Moodle kita bisa membuat materi pembelajaran, angket, diary, dll. Moodle banyak digunakan di tingkat universitas untuk menyederhanakan sistem pembelajaran. Namun kini Moodle mulai  merambah ke jenjang pendidikan yang lebih rendah seperti SMP dan SMA. Fitur-fitur Moodle juga sangat lengkap dan cocok untuk digunakan di ruang kelas saat ini.  Guru dan siswa dapat berdiskusi menggunakan forum yang tersedia dalam survei dan kuis Moodle.  Tapi jangan khawatir, saat ini ada banyak pilihan hosting yang tersedia untuk menginstal Moodle.  Anda juga dapat memilih gratis atau berbayar. Sebagai langkah awal, guru dapat menggunakan Free Hosting untuk mempelajari tentang Moodle dan fungsinya.  guru dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang tutorial Moodle untuk pemula dan pengguna tingkat lanjut di forum Moodle di Internet.  Ada banyak Guru Moodle yang siap membantu jika Anda mengalami kesulitan.

Di SMA Negeri 92, kedua aplikasi tersebut menjadi aplikasi utama sebagai LMS. Google classroom yang menjadi aplikasi LMS utama dengan segala fasilitas dan kemudahannya sehingga guru menginginkan menggunakan LMS secara simple dan mudah menjadikan GCR sebagai media untuk pembelajaran online. Selain itu, guru yang memiliki kemampuan IT yang mumpuni, moodle adalah sebagai jawaban untuk mereka (guru) dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran karena moodle memiliki fasilitas yang lengkap, kompleks, dan sangat rinci dalam memantu kegiatan belajar peserta didik.


Penulis,

Adi Stiawan, M.Pd 

 

ERAPOR SMAN 92 JAKARTA
KALENDER AKADEMIK

Oktober 2021

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31
PENGUMUMAN KELULUSAN TAHUN PELAJARAN 2020-2021