NEWS UPDATE :  

Berita

Pelaksanaan Kegiatan Penguatan Diseminasi Kurikulum Merdeka

Hello People…

Pada Selasa dan Rabu, 1 s.d. 2 Maret 2022, bertempat di ruang Audio Visual SMA Negeri 92 Jakarta, sekolah kami berkesempatan menjadi tuan rumah untuk kegiatan “Penguatan Diseminasi Kurikulum Merdeka”. Peserta kegiatan ini terdiri dari seluruh kepala sekolah SMA Negeri dan Swasta se-Jakarta Utara Wilayah II (Kecamatan Cilincing, Koja dan Kelapa Gading).
Acara ini diprakarsai oleh MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) dan dibuka oleh Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Utara Wilayah II, Bapak Drs. Purwanto, M.Pd.



Pemateri pada kegiatan ini berasal dari SMAN 71 Jakarta. Sekolah tersebut sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka untuk kelas X tahun pelajaran 2021/2022. Pemateri terkait Kurikulum Merdeka dalam kegiatan ini adalah Bapak Acep Mahmudin, S.Pd, M.Si selaku kepala  SMAN 71 Jakarta, Bapak Agus Irdiantoro, S.T, selaku wakil kepala sekolah bidang Kurikulum, Ibu Annisa Miranty Gumay, M. M, dan Ibu Desima Eka, S.Pd sebagai Komite Pembelajaran SMAN 71 Jakarta.
Kegiatan ini berlangsung selama dua hari. Agenda di hari pertama adalah sesi sharing SMAN 71 Jakarta yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Pokok bahasannya terkait konsep Kurikulum Merdeka yang membedakan dengan kurikulum sebelumnya, mengetahui apa saja tantangan, dan kendala atau hambatannya serta solusi yang telah diterapkan.
Agenda hari kedua adalah membahas berbagai metode proyek dalam pembelajaran. Metode ini menjadi salah satu poin pembeda dalam Kurikulum Merdeka dan mengetahui penerapan teknis pembuatan tim kelompok kecil, sedang, dan besar untuk peserta didik, serta memahami cara mendorong peserta didik agar terlibat dalam kegiatan dalam proyek yang multidisiplin ilmu ini hingga tahap pameran karya mereka.
Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan penuh antusias untuk memperoleh pengetahuan terkait materi yang dibawakan. Kurikulum Merdeka yang membawa dimensi dan suasana baru sekaligus sebagai tantangan dalam pembelajaran ini harus disikapi dengan  optimis dalam mempelajari dan menerapkan di sekolah masing-masing.